Senin, 04 Februari 2013

KALIGATA


kaligata oh kaligata – penyebab dan obat kaligata

kaligata, apa sih penyebab kaligata dan obatnya?

kaligata oh kaligata
kaligata  sudah ga asing bagi saya, karena saya sudah mengalaminya entah ke yang berapa ratus kali (lebay mode:on) kaligata merupakan reaksi anafilaktik pada kulit atau jaringan dibawahnya. Menurut informasi yang saya kumpulkan, penyebab kaligata adalah ketika tubuh tidak dalam kondisi baik, bisa saja saat kelelahan, kurang tidur, stress, dll. Adapun faktor lainnya adalah:
  • Obat- obatan
  • Makanan (Telur, Kerang, Ikan, Kacang-kacangan, Susu)
  • Serbuk Sari
  • Debu
  • Gesekan
  • Tekanan Pakaian
  • Infeksi (amandel, gigi berlubang, dll.)
  • Serbuk binatang (kucing, dll)
  • Gigitan serangga
  • Air, Cahaya Matahari, panas, Dingin
  • Stress
Adapun gejala yang timbul saat kaligata adalah:
  • Gatal
  • Pembengkakan diatas kulit
  • Kulit berwarna merah
  • Bilur membesar ketika digaruk
  • Bentuknya berubah-ubah
Tidak disarankan ketika terjadi kaligata kita menggaruknya, karena bisa terjadi peradangan pada kulit.
Yang saya lakukan ketika kaligata adalah menggunakan bedak di daerah tersebut dan juga menggunakan baju lengan panjang. Ibu saya selalu berkata saat kaligata, kita tidak boleh terkena angin / kedinginan. Saya juga sarankan pergi ke dokter untuk diberikan obat untuk mengurangi gatal / anti gatal (antihistamin) kalo saya sih minta diresepkan juga obat anti galau hehe..
Tips dari saya tetep berpikiran positif, jadi tidak memikirkan gatalnya lebih baik melakukan kegiatan lain yang positif sehingga kita menjadi lebih positif pikirannya. Istirahat juga perlu lho. :)
Kaligata mempunyai bahasa kedokteran yakni urtikaria. Keren sih namanya, tapi kalo kena urtikaria/kaligata ini ampun deh. Oh ya kaligata ini bukan penyakit menular, jadi ga usah khawatir. Jika tergena kaligata segera ingat apa penyebabnya jadi kita bisa menghindari kaligata dilain waktu. Bisanya kalo saya sih karena perubahan suhu yang ekstrim, dari panas ke dingin atau berada di ruangan yang dinginnya ekstrim.
Kalo kamu sekarang sedang kaligata, ya sudah nikmatin aja, semoga lekas sembuh, kalo saya biasanya 1 hari -3 hari sembuh dengan sendirinya.
Pic: http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sumber: http://cyiberart.blogspot.com/2012/10/membuat-kursor-animasi-mulur.html#ixzz2CIghuBZX